Kamis, 24 November 2011

KEUTAMAAN SHALAT JUM'AT


Bab kelebihan Jumaat
عَنْ أَبِى هُرَيْرَة
 أَنَّ النَّبِى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ
خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا
وَلا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلا فِى يَومِ الْجُمُعَةِ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya
Rasulullah s.a.w. bersabda :
"Hari yang paling baik, disitu terbit matahari ialah hari Jumaat
Di hari Jumaat Adam diciptakan Tuhan,
dan di hari Jumaat Adam a.s. dimasukkan ke dalam syurga
dan di hari Jumaat pula Adam a.s.dikeluarkan dari syurga
dan tidak berlaku kiamat kecuali pada hari Jumaat."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab saat yang baik berdoa ketika Jumaat
عَنْ أَبِى هُرَيْرَة
 عَنِ النَّبِى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ قَالَ إِنَّ فِى الْجُمُعَةِ لَسَاعَةً لا يُوَا فِقُهَا مُسْلِمٌ
يَسْأَلُ اللهَ فِيْهَا خَيْرًا إِلا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ
قَالَ وَهِىَ سَاعَةٌ خَفِيفَةُ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
"Bersabda Rasululullah s.a.w. :
"Sesungguhnya dalam solat Jumaat itu pada satu saat
yang tiap-tiap orang muslim berdoa bertepatan dengan saat itu
nescaya akan diperkenankan doanya."
Katanya : "Saat itu sangat pendek."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab waktu mustajab doa di hari Jumaat
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ فَقَالَ فِيْهِ سَاعَةٌ لا يُوَا فِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ
وَهُوَ يُصَلِّى يَسْألُ اللهَ شَيْئًا اِلا أَعْطَاهُ اِيَّاهُ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
Bahawasanya Rasulullah s.a.w. menyebut tentang hari Jumaat, baginda bersabda
"Di hari Jumaat ada satu saat (waktu) kalau bertepatan dengan muslim
yang mengerjakan solat, dia memohon sesuatu kepada Allah
melainkan dipenuhi permintaanya
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab mandi sebelum Jumaat
عَنْ عَبدِاللهِ قَالَ سَمِعْتُ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 يَقُولُ إِذَا أَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْتِىَ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ
Dari Abdullah r.a. katanya :
"Bersabda Rasulullah s.a.w. :
"Apabila salah seorang hendak menghadiri solat Jumaat,
maka hendaklah ia mandi lebih dahulu
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab wajib mandi di hari Jumaat
عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِى أَنَّ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ الْغُسْلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ
Dari Abu Sa;id al Kudri katanya :
Bersabda Rasulullah s.a.w. :
"Mandi pada hari Jumaat, hukumnya wajib ke atas orang-orang yang baligh."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab perintah Allah mandi
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
 عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 قَالَ حَقٌّ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
أَنْ يَغْتَسِلَ فِي كُلِّ سَبْعَةِ أَيَّامٍ يَغْسِلُ رَأْسَهُ وَجَسَدَهُ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
"Rasulullah s.a.w. bersabda :
"Perintah Allah kepada setiap orang Islam,
mandi pada setiap tujuh hari, dibasuh kepalanya  dan badannya."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab pahala datang awal di hari Jumaat
عَنْ أَبِى هُرَيْرَة
 أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
 مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ
  ثُمَّ رَاحَ فَكَانَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً 
وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَانَّمَا قَرَّبَ بَقْرَةً
 وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَانَّمَا قَرَّبَ كَبْشًاأَقْرَن
 وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ  فَكَانَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً
  وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الْخًامِسَة فَكَانَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً
 فَاِذَا خَرَجَ الا مَامُ حَضَرَتِ
 الْمَلائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
"Bersabda Rasulullah s.a.w. :
"Barang siapa yang mandi pada hari Jumaat serupa mandi junub,
kemudian berpagi-pagi ia pergi ketempat Jumaat,
pahalanya serupa dengan berkorban dengan seekor unta gemuk;
dan yang pergi pada jam kedua, pahalanya seakan-akan pahala berkorban seekor sapi;
dan yang pergi jam tiga, pahalanya seperti berkorban seekor domba;
dan yang pergi jam keempat, pahalanya seperti berkorban seekor ayam;
dan yang pergi pada jam lima, pahalanya seperti berkorban sebiji telur;
maka apabila datang imam, datanglah pula Malaikat-Malaikat untuk mendengarkan khutbah
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab diam ketika khutbah
 عَنْ أَبِى هُرَيْرَة أَخْبَرَهُ أَنَّ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
 إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِلَ أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
وَالامَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
"Bersabda Rasulullah s.a.w. :
"Kalau engkau berkata kepada kawanmu, "Diamlah!"
sedang imam lagi berkhutbah, maka sesungguhnya perkataan itu
menghilangkan pahala Jumaat."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab perkara yang dituntut di hari Jumaat
عَنْ عَبْدِالرَّحْمنِ بْنِ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِى عَنْ أَبِيهِ أَنَّ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ غُسْلُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ وَسِوَاكٌ
وَيَمَسُّ مِنَ الطِّيبِ مَا قَدَرَ عَلَيْه
Dari Abdurrahman bin Abu Sa'id alKudri r.a. daripada bapanya, katanya :
"Bersabda Rasulullah s.a.w. :
"Tiap-tiap orang yang telah baligh, disuruh mandi tiap-tiap hari Jumaat
membersihkan gigi dan memakai harum-haruman yang ada padanya."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab hari besar Umat Islam
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 نَحْنُ الْآخِرُونَ وَنَحْنُ السَّابِقُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
 بَيْدَ أَنَّ كُلَّ أُمَّةٍ أُوتِيَتْ الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا
 وَأُوتِينَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ ثُمَّ هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْنَا
 هَدَانَا اللَّهُ لَهُ فَالنَّاسُ لَنَا فِيهِ تَبَعٌ الْيَهُودُ غَدًا وَالنَّصَارَى بَعْدَ غَدٍ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya:
"Rasulullah s.a.w. bersabda :
"Kita adalah orang-orang yang terakhir di dunia dan kita orang-orang
yang terdahulu di hari kiamat. Bahkan setiap umat diberi kitab
adalah sebelum kita, dan kita diberi kitab sesudah mereka.
Kemudian berkenaan hari ini (Jumaat) yang telah ditentukan
Allah untuk kita, telah ditunjukkan Allah kepada kita.
Sebab itu orang lainmenjadi pengikut (di belakang) kita
Kaum Yahudi besoknya (Sabtu) dan kaum Nasrani lusa (Ahad)
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab meninggalkan solat Jumaat membutakan hati
عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ وَأَبِى هُرَيْرَةَ حَدَّثَاهُ
أَنَّهُمَا سَمِعَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْل
 عَلَى أَعْوَادِ مِنْبَرِهِ لَيَثْمِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الْجُمُعَاتِ
 أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللهُ عَلَى قُلُو بِهِمْ
ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنَ الغَافِلِيْنَ
Dari Abdullah bin 'Umar dan Abu Hurairah r.a. :
"Kedua-duanya mendengar sabda Rasulullah s.a.w. ketika beliau berkhutbah
di atas mimbar, katanya :
"Janganlah diulangi lagi oleh kaum-kaum yang suka meninggalkan solat Jumaat
kerana siapa yang kerap kali meninggalkannya,
nescaya Allah akan membutakan hati mereka
dan mereka akhirnya menjadi orang yang tidak memperdulikan kebenaran."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab solat sunat selepas Jumaat
عَنْ أَبِى هُرَيْرَة َ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمُ الْجُمُعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أرْبَعًا
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
"Bersabda Rasulullah s.a.w. : "Apabila telah selesai salah seorang dari kamu
dari mengerjakan sembahyang Jumaat, maka hendaklah ia solat sunat empat rakaat"
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab kelebihan solat Jumaat
عَنْ أبِى هُرَيْرَةَ عَنٍِ
النَّبِى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
قَالَ مَنِ اغْتَسَلَ ثُمَّ أَتَى الْجُمْعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِّرَلَهُ
ثُمَّ أَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ
ثُمَّ يُصَلِّى مَعَهُ غُفِرَلَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمًعَةِ
الاخْرَى وَفَضْلِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ
Dari Abu Hurairah r.a. katanya :
Bersabda Rasulullah s.a.w. :
"Barang siapa mandi dan kemudian pergi solat Jumaat kemudian
solat sunat sekuasanya, kemudian mendengar khutbah,
kemudian solat bersama-sama imam, nescaya Allah
akan mengampuni dosa-dosanya antara dua Jumaat dan
ditambah tiga hari lagi"
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab ayat yang dibaca Nabi s.a.w.
عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ
 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى
 وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ
 فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ
Dari Nu'man bin Basyir r.a. katanya :
"Adalah Rasulullah s.a.w. membaca dalam sembahyang dua hari raya
dan dalam sembahyang Juma'at akan ayat
سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى
dan ayat
هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ
Apabila sembahyang hari raya dan sembahyang Jumaat bertemu
dalam satu hari, beliau juga membaca kedua ayat tadi dalam
kedua-dua sembahyang itu
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab membaca surah Qaf  hari Jumaat
عَنْ أُخْتٍ لِعَمْرَةَ قَالَتْ
 أَخَذْتُ ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ مِنْ فِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَهُوَ يَقْرَأُ بِهَا عَلَى الْمِنْبَرِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ
Dari saudara perempuan 'Amran r.a. katanya :
"Saya menerima ayat ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ
dari mulut Rasulullah s.a.w. sendiri di hari Jumaat,
sedang beliau membaca ayat itu di atas mimbar
setiap hari Jumaat
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab sembahyang tahiyyatul masjid
عَنْ عَمْرٍو سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ
 دَخَلَ رَجُلٌ الْمَسْجِدَ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ أَصَلَّيْتَ قَالَ لَا قَالَ قُمْ فَصَلِّ الرَّكْعَتَيْنِ
Dari Jabir bin Abdullah r.a. katanya :
"Seorang lelaki masuk ke dalam masjid, ketika Rasulullah s.a.w.
sedang berkhutbah di hari Jumaat di hari Jumaat.
Lalu Nabi s.a.w. bertanya :
"Apakah engkau telah sembahyang ?" Dia menjawab: "Belum!"
Nabi s.a.w. berkata : " Berdirilah dan sembahyang dua rakaat !."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab mengajar dalam berkhutbah
قَالَ أَبُو رِفَاعَةَ انْتَهَيْتُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 وَهُوَ يَخْطُبُ قَالَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
رَجُلٌ غَرِيبٌ جَاءَ يَسْأَلُ عَنْ دِينِهِ لَا يَدْرِي مَا دِينُهُ
 قَالَ فَأَقْبَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 وَتَرَكَ خُطْبَتَهُ حَتَّى انْتَهَى إِلَيَّ فَأُتِيَ بِكُرْسِيٍّ حَسِبْتُ قَوَائِمَهُ حَدِيدًا
 قَالَ فَقَعَدَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 وَجَعَلَ يُعَلِّمُنِي مِمَّا عَلَّمَهُ اللَّهُ ثُمَّ أَتَى خُطْبَتَهُ فَأَتَمَّ آخِرَهَا
Dari Abu Rifa'ah katanya :
"Saya sampai dekat Nabi s.a.w. dan beliau sedang berkhutbah
Saya berkata : " Ya Rasulullah ! Seorang yang baru datang
hendak menanyakan tentang agamanya, kerana dia tidak tahu
tentang agamanya. Lalu Rasulullah s.a.w. datang kepada saya dan
menghentikan khutbahnya sehingga sampat dekat saya
Lalu dibawa sebuah kerusi, saya menduga kakinya dari besi,
Rasulullah s.a.w. duduk di atas kerusi itu dan mengajarkan
kepada saya apa yang diajarkan Allah kepada beliau.
Kemudian beliau kembali menyambung khutbahnya
sampai cukup ke akhirnya."
Hadis sahih riwayat Muslim
Bab khutbah sebaiknya ringkas
عَنْ عَمَّارٌ قَالَ
قَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
  إِنَّ طُولَ صَلَاةِ الرَّجُلِ وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ مِنْ فِقْهِهِ
 فَأَطِيلُوا الصَّلَاةَ وَاقْصُرُوا الْخُطْبَةَ وَإِنَّ مِنْ الْبَيَانِ سِحْرًا
Dari 'Amar r.a. katanya :
"Rasulullah s.a.w. bersabda :
"Sesungguhnya panjang sembahyang dan ringkas cukup khutbahnya adalah
tanda dia seoseorang yang faham. Sebab itu, panjangkanlan
sembahyang dan ringkaskan khutbah! Sesungguhnya di antara yang terang
itu ada kepalsuan
Hadis sahih riwayat Muslim

Keutamaan Shaf Pertama dan Dekat dengan Khatib



Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Dialah yang menciptakan masa dan mengutamakan sebagiannya atas sebagian yang lain. Dia telah jadikan Ramadhan sebagai bulan terbaik atas bulan-bulan lainnya, Jum’at sebagai hari terbaik dalam sepekannya, dan menjadikan lailatul qadar sebagai malam terbaik dalam setahunnya.
Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Manusia terbaik, paling bertakwa dan takut kepada Rabbnya, yaitu Nabi Muhammad Shallalahu 'alaihi Wasallam, beserta keluarga dan para sahabatnya.
Shalat Jum'at adalah amal ibadah yang paling khusus dan istimewa pada hari Jum'at. Pelaksanaanya memiliki kekhususan yang berbeda dengan shalat-shalat lainnya, khususnya Dzuhur yang sama waktunya. Dari cara bersuci, sangat dianjurkan untuk mandi besar sebagaimana mandi janabat. Cara berpakaian, sangat dianjurkan memakai pakaian terbagus dan menggunakan wewangian. Berangkatnya ke masjid, sangat-sangat dianjurkan lebih awal dengan janji pahala yang lebih besar daripada yang datang berikutnya. Sebelum shalat dimulai, diawali dengan khutbah yang harus diperhatikan dengan seksama oleh jama'ah. Jama'ah tidak boleh tidur, mengobrol dan berbicara dengan kawannya, atau sibuk dengan kegiatan yang bisa memalingkan dari mendengarkan khutbah.
Berdasarkan keistimewaan ini, maka selayaknya seorang muslim bersemangat mendatanginya. Berpagi-pagi menujunya, sebagaimana para salaf menjadikannya sebagai tradisi mereka.
Diriwayatkan dari Aus bin Aus radliyallah 'anhu, berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا
"Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun." (HR. Abu Dawud no. 1077, al-Nasai no. 1364 Ahmad no. 15585)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَقَفَتْ الْمَلَائِكَةُ عَلَى أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ فَيَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ فَمَثَلُ الْمُهَجِّرِ إِلَى الْجُمُعَةِ كَمَثَلِ الَّذِي يُهْدِي بَدَنَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَقَرَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي كَبْشًا ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي دَجَاجَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ وَقَعَدَ عَلَى الْمِنْبَرِ طَوَوْا صُحُفَهُمْ وَجَلَسُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ
"Jika tiba hari Jum'at, maka para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jum'at adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah)." (HR. Ahmad dalam Musnadnya no. 10164)
Pada hadits pertama menjelaskan bahwa berangkat pagi-pagi ke masjid menjadi syarat untuk mendapatkan keutamaan pahala shalat Jum'at dengan sempurna. Dan berangkatnya ke masjid disunnahkan dengan berjalan kaki. Karena itu Imam al Nasai dan al Baihaqi membuat bab khusus dalam kitab mereka, "Keutamaan berjalan kaki untuk shalat Jum'at."
Abu Syamah berkata, "Pada abad pertama, setelah terbit fajar jalan-jalan kelihatan penuh dengan manusia. Mereka berjalan menuju masjid jami' seperti halnya hari raya, hingga akhirnya kebiasaan itu hilang." Lalu dikatakan, "Bid'ah pertama yang dilakukan dalam Islam adalah tidak berangkat pagi-pagi menuju masjid." (Dinukil dari Akhtha' al Mushalliin -edisi Indonesia: Kesalahan-kesalahan dalam shalat-, Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan, hal. 236)
Sedangkan pada hadits kedua dijelaskan kerugian bagi orang yang terlambat datang ke masjid sehingga imam naik mimbar. Yakni, para malaikat menutup buku catatan mereka dan tidak mencatat tambahan pahala bagi orang-orang yang datang dan masuk ke masjid setelah imam naik mimbar.
Dalam sebuah hadits yang dihasankan oleh Syaikh al Albani, dari Abu Ghalib, dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Para Malaikat duduk pada hari Jum'at di depan pintu masjid dengan membawa buku catatan untuk mencatat (orang-orang yang masuk masjid). Jika imam keluar (dari rumahnya untuk shalat Jum'at), maka buku catatan itu dilipat."
Kemudian Abu Ghalib bertanya, "wahai Abu Umamah, bukankah orang yang datang sesudah imam keluar mendapat Jum'at? Ia menjawab, "Tentu, tetapi ia tidak termasuk golongan yang dicatat dalam buku catatan."
Memilih Shaf Pertama dan Dekat dengan Imam
Bagi jama’ah yang sudah sampai ke masjid, hendaknya dia memilih shaf (barisan) pertama yang dekat dengan imam. Karena di samping shaf pertama memiliki keutamaan yang besar juga lebih jelas untuk menyimak khutbah imam.
Diriwayatkan dari Aus bin Aus radliyallah 'anhu, berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا
"Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun." (HR. Abu Dawud no. 1077, al-Nasai no. 1364 Ahmad no. 15585)
Sesungguhnya shaf pertama dalam shalat berjama’ah dan juga shalat Jum’at memiliki keutamaan yang agung dan pahala yang besar di sisi Allah Ta’ala. Sehingga Nabi kita menjelaskan,
لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا
Seandainya manusia mengetahui pahala yang terdapat dalam panggilan adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkan kecuali dengan diundi, niscaya mereka melakukannya.”(HR. Bukhari dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
Imam Ahmad mengeluarkan sebuah hadits dari Abu Umamah, Rasulullah Shallalahu 'alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya membacakan shalawat atas shaf pertama.” Beliau sampaikan itu sampai dua kali, baru shaf yang kedua.
Masih dari Musnad Imam Ahmad, dari hadits al-‘Irbadh bin Sariyyah, bahwa Rasulullah Shallalahu 'alaihi Wasallam bershalawat atas shaf pertama sebanyak tiga kali dan atas shaf selanjutnya hanya sekali.
Dan Rasulullah Shallalahu 'alaihi Wasallam mengancam bagi orang yang sengaja memilih shaf belakang/akhir.
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي أَصْحَابِهِ تَأَخُّرًا فَقَالَ لَهُمْ تَقَدَّمُوا فَأْتَمُّوا بِي وَلْيَأْتَمَّ بِكُمْ مَنْ بَعْدَكُمْ لَا يَزَالُ قَوْمٌ يَتَأَخَّرُونَ حَتَّى يُؤَخِّرَهُمُ اللَّهُ
Rasulullah Shallalahu 'alaihi Wasallam melihat ada yang mengambil saf belakang. Maka beliau bersabda: “Majulah kalian dan ikutilah aku, dan hendaklah yang setelah kalian mengikuti kalian. Kaum yang senantiasa mengambil shaf akhir akan diakhirkan Ta’ala (dari masuk ke dalam surga). (HR. Muslim dari Abu Sa’id al Khudri)
Semoga Allah memberikan tambahan hidayah dan taufik kepada kita sehingga bisa mendapatkan pahala besar yang disediakan pada hari Jum’at. Sehingga kelak akan menjadi modal utama untuk kita masuk surga dalam rombongan pertama. Amiin

1 komentar: